Struktur Kepemilikan

Struktur Kepemilikan

Pemegang Saham Langsung

PT Pertamina Hulu Energi ("PHE")
PT Pertamina Hulu Energi adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh PT Pertamina (Persero), perusahaan minyak dan gas milik Indonesia yang didirikan pada tahun 1957. PHE adalah anak perusahaan Direktorat Hulu yang bergerak di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi. PHE juga merupakan kendaraan bisnis hulu untuk mengelola portofolio kerjasama domestik dan luar negeri.

PT Medco LNG Indonesia ("MLI")
PT Medco LNG Indonesia adalah perusahaan terbatas yang didirikan pada tahun 2007 berdasarkan undang-undang Republik Indonesia, yang merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh PT Medco Energi Internasional Tbk, perusahaan pertama di Indonesia yang beroperasi di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi.

Sulawesi LNG Development Limited ("SLD")
PT Sulawesi LNG Development Limited adalah sebuah perusahaan dengan tujuan khusus yang didirikan oleh Mitsubishi Corporation (75%) dan Korea Gas Corporation (25%), pembeli LNG terbesar di dunia.

Perusahaan Induk

PT Pertamina (Persero)
PT Pertamina adalah perusahaan minyak dan gas milik Negara, didirikan pada tanggal 10 Desember 1957 dengan nama PT Pertamina. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1971, perusahaan tersebut berubah nama menjadi PERTAMINA. Nama tersebut dipertahankan, sampai setelah PERTAMINA mengubah status hukumnya menjadi PT PERTAMINA (Persero) pada tanggal 9 Oktober 2003.

PT Medco Energi Internasional, Tbk
PT Medco Energi Internasional adalah perusahaan Indonesia pertama yang bergerak dalam bisnis eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan telah terdaftar sejak tahun 1994.

Mitsubishi Corporation (MC)
Mitsubishi Corporation adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1950 di bawah hukum Jepang. MC adalah perusahaan perdagangan dan investasi umum terbesar di Jepang dan memiliki lebih dari 200 basis operasional di sekitar 80 negara di seluruh dunia. Bersama dengan lebih dari 500 perusahaan grup, MC mempekerjakan tenaga kerja multinasional yang terdiri dari sekitar 60.000 orang. MC telah lama berkecimpung dalam bisnis dengan pelanggan di seluruh dunia di hampir semua industri, termasuk energi, logam, mesin, bahan kimia, makanan dan barang dagangan umum.

Korea Gas Corporation (KOGAS)
KOGAS adalah singkatan dari Korea Gas Corporation, didirikan oleh Pemerintah Korea pada tahun 1983. Sejak didirikan, perusahaan ini telah berkembang menjadi importir LNG terbesar di dunia. Sebagai satu-satunya pemasok gas dalam negeri, KOGAS berkomitmen penuh untuk menyediakan energi bersih, aman, dan nyaman bagi masyarakat Korea. Sesuai dengan misi ini, saat ini KOGAS mengoperasikan tiga terminal LNG dan jaringan pipa nasional yang mencakup 2.739 km untuk menjamin pasokan yang stabil bagi negara. KOGAS telah memainkan peran aktif dalam perluasan bisnisnya ke sektor hulu untuk mengambil bagian dalam keseluruhan rantai nilai kegiatan bisnis LNG. Hal ini mengakibatkan kehadiran bisnis meningkat di Asia Tenggara dan Timur Tengah.