Testimonial

Musim Baru, Semangat Baru
~Surya Pandu~

Pelatihan Kerja di Badak LNG dimulai pada awal Agustus kemarin, dan ini adalah momen penting bagi karyawan DSLNG untuk belajar kembali mengenai proses-proses pekerjaan dalam industri minyak dan gas. Sebagai bagian pertama dari program pelatihan, saya beruntung dapat lebih awal mempelajari setiap materi secara mendalam, khususnya yang berhubungan dengan Bagian Penyimpanan dan Pemuatan. Saya mendapatkan pengalaman yang sungguh sangat berkesan selama pelatihan pada minggu pertama pelaksanaan program, apalagi ketika saya dapat bertemu dengan orang-orang yang luar biasa.

Melihat proses pengalihan minyak mentah dan minyak olahan antara tank dan tanker yang dilatih oleh Kepala Bagian Pemuatan, mengoperasikan Loading Arms yang berbentuk seperti tangga geladak kapal, mengumpulkan informasi yang dikumpulkan secara otomatis dari berbagai sensor atau perangkat lain dalam lembar catatan di ruang kompresor kapal tanker LNG yang dipimpin awak kapal LNG Korea, dan dapat makan bersama dengan kru dari Filipinana di dalam ruang makan kapal, adalah kegiatan menarik yang saya alami selama program pelatihan.

Semua pengalaman yang saya dapatkan tersebut saya alami sebelum menyambungkan Loading Arms ke “manifold kapal”, pipa bermulut banyak yang menghubungkan tiap selang ke koneksi dek kapal.

Tantangan baru dari tahap ini adalah kami, pekerja magang bagian teknis di DSLNG, sekarang ini sudah merupakan bagian dari Departemen Operasi Badak LNG, yang masuk dalam jadwal kerja bergilir. Dengan begitu, pastinya kami memiliki jadwal pagi, sore hari, serta jadwal giliran kerja malam. Kondisi ini, sejujurnya, adalah sebuah tantangan baru bagi kami karena harus melakukan jadwal giliran kerja malam. Kami harus berkonsentrasi pada apa yang harus kami fokuskan pada saat kami harus melawan kantuk. Meskipun begitu, saya sangat percaya bahwa seiring berjalannya waktu, kita akan terbiasa dengan semua itu.

Akhir kata, saya hanya ingin menyoroti bahwa Anda mungkin pernah mendengarkan lagu berjudul "City of Blinding Lights" dari band rock Irlandia, U2. Salah satu liriknya mengatakan bahwa semakin banyak yang Anda lihat, semakin sedikit Anda yang tahu. Atau pernahkah Anda mendengar kutipan yang diajukan oleh Socrates? Dikatakan bahwa semakin banyak Anda belajar, semakin Anda menyadari betapa sedikit yang Anda tahu. Saya akhirnya memahami lirik dan kutipan tersebut karena sekarang saya mengalaminya. Setiap hal baru yang saya pelajari akan membawa saya pada hal baru yang lain, dan yang lainnya, dan seterusnya. Semakin banyak yang saya temukan, semakin banyak yang tersembunyi, yang perlu dicari dan diekspos. Semua itu menunjukkan bahwa tidak mungkin untuk kita mengetahui segalanya. Hal itulah yang membuat hidup begitu mempesona. Intinya, yang harus kita lakukan adalah melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan.