Pengembangan Komunitas

PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) berkomitmen untuk melaksanakan program kemasyarakatan berbasis pemberdayaan yang terintegrasi sejak masa konstruksi

Sejak tahun 2008 hingga 2010, DSLNG menginisiasi program kemasyarakatan melalui Tahap Pengenalan kepada masyarakat sekitar. Sebagian besar kegiatan yang dijalankan dalam tahap ini bersifat filantropi, yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan kehadiran proyek selain membentuk kedekatan dengan lingkungan sekitar.

Memasuki tahun 2011 hingga 2014, kegiatan masuk Tahap Pelibatan dengan membangun pondasi program pemberdayaan yang berkelanjutan.

Upaya berbaur dengan masyarakat sekitar dilakukan dengan mendirikan pusat kegiatan di tengah-tengah masyarakat. Bersama mitra pelaksana, kami mendirikan Rumah Pendampingan di tiga desa yang terdekat, yaitu: Uso, Honbola, dan Kalolos.

Upaya ini membawa dampak yang signifikan terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam berbagai program awal pemberdayaan.

Sasaran utama tahap ini adalah penguatan program sosial kemasyarakatan dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai penerima manfaat langsung melalui berbagai kegiatan. Dalam kurun waktu tahun 2012 hingga 2013, program sosial kemasyarakatan dikembangkan mengacu pada kerangka kegiatan yang mencakup tujuh sektor, yaitu: Kesehatan Masyarakat, Pendidikan, Penghidupan dan Pembangunan Ekonomi Lokal, Infrastruktur, Sosial dan Budaya, Lingkungan, dan Bantuan Kemanusiaan.

Tahun 2014, penguatan program menuju masyarakat yang mandiri dilakukan melalui berbagai kegiatan yang memberi nilai tambah dan memperluas manfaat. Komitmen untuk melakukan pemberdayaan yang transformatif kepada masyarakat akan dilanjutkan seiring Tahap Pengembangan mulai tahun 2015. Kerangka program sosial kemasyarakatan diperluas melalui program kemitraan strategis dengan lembaga pemerintah di tingkat lokal maupun nasional.